Akreditasi SMA Negeri 3 Cilacap
  • sma3
  • 2
  • 12

Selamat Datang di Website resmi SMA NEGERI 3 CILACAP. Terima Kasih atas Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMA NEGERI 3 CILACAP

NPSN : 20300727

Jalan Kalimantan No.14, Gunung Simping, Cilacap


info@sma3cilacap.sch.id

TLP : 0282 541809


          

Banner

Statistik


Total Hits : 119679
Pengunjung : 44942
Hari ini : 6
Hits hari ini : 29
Member Online : 0
IP : 3.238.199.4
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Akreditasi SMA Negeri 3 Cilacap




Akreditasi Sekolah merupakan agenda setiap sekolah, dimana Akreditasi Sekolah Menengah Atas merupakan naungan BAN-S/M. BAN-S/M akan menilai kelayakan suatu sekolah/madrasah berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat akreditasi. Perangkat akreditasi digunakan untuk mengukur sejauh mana sekolah/ madrasah telah memenuhi standar nasional pendidikan.


Adapun 8 Standar Nasional Pendidikan yang dinilai, adalah:



  1. Standar Isi

  2. Standar Proses

  3. Standar Kompetensi Lulusan

  4. Standar Pengelolaan

  5. Standar Pembiayaan

  6. Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan

  7. Standar Sarana dan Prasarana

  8. Standar Penilaian


Menghadapi akreditasi sekolah tahun 2022, SMA Negeri 3 Cilacap telah melaksanakannya pada hari ini tanggal 10 dan 11 Agustus 2022. dengan assesornya adalah Drs. Hery Pratomo M.Pd dan Hari Kartini Setyawati, M.Pd.


Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan (UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 1 ayat 22). Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluar kan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.


Bagi kepala sekolah, hasil akreditasi diharapkan dapat dijadikan bahan informasi untuk pemetaan indikator kelayakan sekolah, kinerja warga sekolah, termasuk kinerja kepala sekolah selama periode kepemimpinannya.


Di samping itu, hasil akreditasi juga diperlukan kepala sekolah sebagai bahan masukan untuk penyusunan program serta RKAS.


Bagi guru, hasil akreditasi merupakan dorongan untuk selalu meningkatkan diri dan bekerja keras dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta didik guna mempertahankan dan meningkatkan mutu sekolah/madrasah. Secara moral, guru senang bekerja di sekolah/madrasah yang diakui sebagai sekolah/madrasah bermutu.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas